Selasa, 29 Oktober 2019 - 07:13:15 WIB
Guru SMAN 2 Wonogiri Menjadi Presenter di Simposium Internasional - AISOFOLL 10
Diposting oleh : Admin
Kategori: Prestasi - Dibaca: 185 kali

AISOFOLL adalah simposium tahunan yang diselenggarakan oleh SEAQIL (SEAMEO QITEP in Language).SEAMEO itu adalah semacam organisasi menteri pendidikan se-Asia Tenggara (Southeast Asian Ministers of Education Organization). Sedangkan kata QITEP itu singkatan dari Quality Improvement for Teachers and Education Personnel. Jadi SEAQIL atau QITEP in Language itu maksudnya bagian SEAMEOyang merupakan pusat regional untuk peningkatan kualitas guru dan tenaga kependidikan di bidang bahasa.

Tujuan AISOFOLL adalah untuk menyediakan forum ilmiah bagi para ahli dan pelaku pendidikan bidang pengajaran bahasa asing. Dengan adanya AISOFOLL, diharapkan agar para peserta simposium dapat bertukar ide, pengetahuan, dan berbagi pengalaman terkait pengajaran bahasa.  

Setiap tahun, tema-tema yang berbeda menjadi bahan diskusi oleh pembicara utama (keynote speakers) dan penyaji makalah (presenters). Tahun 2019 ini tema AISOFOLL adalah "Taking Students" Thingking to Higher Levels Through Creative Language Teaching. ini adalah gelaran AISOFOLL yang ke sepuluh.Diselenggarakan di Grand Savero Hotel, Bogor, pada tanggal 16-17 Oktober 2019. 

Beruntung seorang guru SMAN 2 Wonogiri, Ibu Dewi Apriliana, S.Pd, mendapat kesempatan untuk menjadi salah satu penyaji materi di simposium tersebut. Beliau menyajikan sebuah penelitian di bidang bahasa yang berjudul "Penerapan Photovoice Sebagai Teknik Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Hortatory Exposition". Artikel tentang penelitian ini dapat anda baca lebih lanjut di blog milik beliau pada tautan berikut :

https://saungbelajaraisyah.blogspot.com/2019/10/menggunakan-photovoive-sebagai-teknik.html 

Penelitian tersebut sebelumnya telah memenangkan dana hibah (regrants) pada program SEAQIL REGRANTS 2018 sekitar bulan juni 2018 lalu. Dan dari 49 penerima dana hibah itu, dipilih 10 orang untuk menjadi penyaji di Simposium Internasional Aisofoll tersebut. Ibu Dewi Apriliana adalah salah satunya.

Semoga dengan terlibat dalam program tersebut, penelitian di bidang bahasa pada SMA Negeri 2 Wonogiri akan makin berkembang. Sehingga pada akhirnya dapat mendorong siswa untuk memperoleh ketrampilan bahasa yang lebih baik untuk bekal mereka bersaing di dunia global.




0 Komentar :


Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)